Deteksi Kanker Ovarium Dengan Bantuan Penciuman Anjing

deteksi kanker ovarium secara dini
Para peneliti mencoba untuk menciptakan metode inovatif untuk mendeteksi penyakit kanker ovarium, yaitu menggunakan anjing untuk mengendus penyakit. Sekelompok peneliti telah bekerjasama untuk menyelidiki dengan menggunakan penciuman anjing dan kimia analitik serta nanoteknologi sebagai alat untuk mendeteksi kanker ovarium pada tahap awal.

Kerjasama ini terjalin antara Working Dog Center of the University of Pennsylvania School of Veterinary Medicine, the physics and astronomy department of Penn's School of Arts and Science, Penn's Gynecologic Oncology division and the Monell Chemical Senses Center.
Para dokter sekarang masih tetap menggunakan indra cahaya, suara, dan sentuhan untuk membantu mendiagnosa kanker ovarium pada wanita. Namun para peneliti mengatakan bahwa indera penciuman sekarang akan memainkan peran penting. Pasien dari Penn Kedokteran, dengan dan tanpa kanker ovarium, telah menyumbangkan jaringan dan darah sampel ke Working Dog Center untuk membantu penelitian mereka.

Kanker ovarium menyumbang sekitar 3% dari semua kanker pada wanita, dan berkembang terutama pada wanita berusia di atas 63. Menurut American Cancer Society, 22.240 perempuan di Amerika Serikat akan didiagnosis dengan kanker ovarium tahun ini dan 14.230 wanita akan meninggal akibat penyakit tersebut. Para peneliti mengatakan bahwa strategi skrining yang efektif saat ini tidak ada untuk mendeteksi kanker ovarium. Setiap kemajuan dalam diagnosis kanker ovarium bisa memiliki dampak yang signifikan terhadap kelangsungan hidup secara keseluruhan dari penyakit ini.

Para peneliti di Pusat Working Dog telah mulai pelatihan tiga anjing untuk mengendus aroma yang menunjukkan adanya kanker ovarium.
Cynthia Otto, direktur Working Dog Center, mengatakan:
"Ini tetap menjadi sumber aroma yang relatif yang belum dimanfaatkan untuk informasi mendeteksi kanker”.
Dengan memanfaatkan indera penciuman dalam deteksi anjing dalam hubungannya dengan metode kimia dan nanoteknologi, kami berharap dapat mengembangkan sistem baru skrining untuk kanker ovarium menggunakan analisis aroma untuk memfasilitasi deteksi dini dan membantu mengurangi kematian akibat kanker di masa depan.

Para peneliti menambahkan bahwa penelitian masa depan akan dapat menentukan jaringan yang paling cocok untuk penilaian dan pengukuran perbedaan bau tumor yang terdeteksi.

Post a Comment