Anak Kegemukan Memiliki Resiko Tinggi Terkena Asma

bahaya obesitas pada anak
Anak-anak yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas lebih mungkin terserang asma dibandingkan dengan anak-anak yang memilki berat badan yang normal. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology.

Para peneliti dari Kaiser Permanente di California meneliti catatan kesehatan dari 623.358 anak-anak antara usia 6 dan 19. Kemudian anak-anak tersebut dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan tinggi dan berat badan mereka yaitu :
  • Berat Badan Normal
  • Kegemukan
  • Cukup Gemuk
  • Sangat Gemuk
Semua anak dipantau selama 1 tahun dalam rangka untuk menganalisis prevalensi asma mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki berat badan kegemukan 1,16 kali berisiko terserang asma dibandingkan dengan anak-anak yang memiliki berat badan normal. Anak cukup gemuk 1,23 kali berisiko untuk terserang kondisi penyakit asma. Sementara anak yang sangat gemuk 1,37 kali berisiko untuk terserang penyakit asma.

Resiko Asma Tergantung Dari Usia, Ras Dan Jenis Kelamin.
Penelitian juga mengungkapkan bahwa efek dari berat badan dan asma tergantung pada ras/etnis, usia dan jenis kelamin. Gadis yang cukup gemuk berusia 6 sampai 10 tahun memiliki resiko 1,36 kali lebih tinggi terkena resiko asma dari pada gadis yang memiliki berat badan normal yang seusianya. sedangkan anak perempuan sangat gemuk memiliki risiko 1,56 kali lebih tinggi. Anak cukup gemuk di Kepulauan Asia-Pasifik memiliki risiko 1,41 kali lebih tinggi mengalami resiko asma, sementara anak-anak yang sangat gemuk berada pada risiko 1,67 kali lebih tinggi.
Mary Helen Black, peneliti studi ini, mengatakan:
"Sebagai hasil dari penelitian ini, kita tahu bahwa anak-anak yang kelebihan berat badan atau obesitas terutama gadis-gadis muda dan anak-anak Kepulauan Asia-Pasifik lebih mungkin untuk terkena resiko penyakit asma. Dengan pengetahuan ini, kita bisa bekerja untuk mengembangkan program-program untuk mencegah asma pada kelompok yang berisiko tinggi. Dokter mungkin juga harus memantau anak-anak obesitas yang memiliki resiko asma lebih dekat, karena anak-anak cenderung memiliki jenis asma yang lebih parah

Post a Comment