Polusi Menurunkan Kelahiran Anak Laki-Laki?

dampak polusi terhadap kesehatan
Polusi udara dapat menyebabkan penyakit pernafasan, kesehatan jantung yang buruk, dan kanker tertentu. Baru-baru ini, para peneliti telah menemukan berbagai efek reproduksi termasuk berat badan lahir rendah, keguguran, kelahiran prematur, dan penurunan kualitas sperma. Para peneliti di jurnal BMJ Open melihat efek dari polusi udara pada rasio anak perempuan terhadap kelahiran anak laki-laki  di Sao Paulo, Brasil.

Peneliti membagi daerah Sao Paulo dalam kategori yang berbeda berdasarkan konsentrasi partikel udara ambien mereka (PM10) konsentrasi terus dari waktu ke waktu. Tingkat PM10 digunakan sebagai penanda tingkat polusi udara. Jumlah kelahiran antara tahun 2000 dan 2007 dikumpulkan dengan rasio laki-laki terhadap kelahiran perempuan dihitung selama sebulan. Sebuah korelasi langsung antara pertumbuhan polusi dan berkurangnya kelahiran anak laki-laki adalah ditemukan lebih dari 1 persen kelahiran anak laki-laki lebih sdeikit daripada kelahiran anak perempuan selama periode waktu keadaan udara tercemar polusi paling parah. Para peneliti memperkirakan ada hampir 31.000 kelahiran laki-laki yang berkurang selama masa studi akibat polusi.

Studi mengatakan bahwa polusi memiliki efek pada kesehatan telur dan sperma. Tingkat hormon dalam ayah dan ibu juga dipengaruhi oleh polusi dan perubahan ini dapat tercermin dalam perbedaan jenis kelamin keturunannya.

Post a Comment