Meminum 4 Cangkir Kopi Berisiko Kematian Dini




Meminum 4 Cangkir Kopi Berisiko Kematian Dini

Amerika memiliki masyarakat yang suka meminum kopi cukup besar, mengkonsumsi lebih dari 400 juta cangkir setiap hari. Tetapi penelitian baru menemukan bahwa minum empat cangkir kopi sehari dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan peningkatan risiko kematian, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings.


Para peneliti dari Amerika Serikat melakukan analisis terhadap hubungan antara mengkonsumsi kopi dan penyebab kematian, dengan menggunakan data dari Aerobic Center Longitudinal Study (ACLS), The National Death Index, dan dengan menilai sertifikat kematian.

Sekitar 45.000 pria dan wanita antara 20 dan 87 tahun yang ikut berpartisipasi dalam penelitian antara tahun 1979 dan 1998. Semua peserta diminta untuk mengisi kuesioner medis yang mengungkapkan kebiasaan gaya hidup mereka, termasuk kebiasaan mengkonsumsi kopi, serta sejarah medis pribadi dan keluarga. Subyek penelitian dimonitor selama periode rata-rata 17 tahun  dari evaluasi pertama sampai kematian mereka, atau sampai dengan 31 Desember 2003. Selama ini, ada 2.512 kematian, dengan 32% dari yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih dari 28 cangkir kopi per minggu memiliki risiko 21% kematian yang lebih tinggi akibat dari semua penyebab, dibandingkan dengan peserta yang mengkonsumsi kurang dari 28 cangkir per minggu. Bagi mereka yang berusia di bawah 55 yang minum lebih dari 28 cangkir kopi seminggu ada risiko kematian 50% lebih tinggi.

Selain itu para peneliti menemukan bahwa orang yang cenderung memiliki komsumsi tinggi terhadap kopi lebih cenderung merokok, dan menunjukkan tingkat yang lebih rendah dari kebugaran kardiovaskular. Khusus pria yang lebih muda menunjukkan tanda-tanda peningkatan kemungkinan kematian bahkan mereka yang mengkonsumsi kurang dari 28 cangkir kopi seminggu, menunjukkan peningkatan 56% dari semua penyebab.

Wanita muda yang mengkonsumsi lebih dari 28 cangkir kopi seminggu juga mengungkapkan memiliki dua kali lipat risiko kematian dibandingkan dengan wanita yang minum kurang dari 28 cangkir.  Para peneliti memperingatkan bahwa orang-orang muda harus menghindari konsumsi kopi lebih dari empat cangkir sehari, tetapi mereka menambahkan bahwa studi lebih lanjut diperlukan dalam berbagai populasi untuk menganalisis efek dari konsumsi kopi jangka panjang  terkait dengan semua penyebab dan mortalitas penyakit kardiovaskular.

Namun, banyak penelitian menunjukkan dengan mengkonsumsi kopi bisa memiliki banyak manfaat kesehatan. Penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa mengkonsumsi dua sampai empat cangkir kopi per hari mengurangi risiko bunuh diri pada orang dewasa sebesar 50%.  Penelitian lain dari American Cancer Society telah menunjukkan bahwa minum empat atau lebih cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kdari kanker mulut dan tenggorokan. Ada penelitian lain dari American Cancer Society menunjukkan bahwa minum empat atau lebih cangkir kopi per hari mengurangi risiko dari kanker mulut dan tenggorokan.

Post a Comment