Penyebab Dari Penyakit Paru-Paru

Penyebab Dari Penyakit Paru-Paru
Menurut para ahli, setiap tahun jutaan orang meninggal karena disebabkan penyakit paru-paru. Penyakit paru-paru dapat mempengaruhi fungsi paru-paru. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menghirup cukup oksigen dan melepaskan karbon dioksida (produk limbah yang dibentuk di dalam tubuh). Ada beberapa penyebab penyakit paru-paru yang sebagian bisa dicegah.

Merokok
Merokok (rokok,cerutu) dikenal sebagai penyebab utama orang dapat terkena penyakit paru-paru. Resiko penyakit paru-paru anda meningkat seiring dengan durasi lama anda merokok. Semakin lama Anda merokok semakin besar risiko Anda terkena kanker paru-paru dan bisa terkena penyakit paru-paru lainnya seperti bronkitis kronis, emfisema dan penyakit paru obstruktif kronis. Selain si perokok, perlu juga memperhatikan perokok pasif juga bisa dapat meningkatkan resiko terkena penyakit paru-paru. Namun, ini mungkin tergantung juga seberapa banyak asap yang dihirup oleh perokok pasif.

Gas Radon
Radon polutan radioaktif dibentuk oleh pemecahan uranium di tanah, batu dan air. Ini adalah penyebab utama kanker paru-paru. Badan Perlindungan Lingkungan menyatakan bahwa gas tersebut kemungkinan akan menyebabkan ribuan kematian setiap tahun. Seseorang bisa terkena gas radon dari udara (rumah, sekolah dan tempat kerja), tetapi ketika berbentuk gas, gas tidak bisa dilihat atau berbau, jadi anda tidak tahu apakah Anda sedang menghirup gas tersebut.

Faktor Pekerjaan
Orang yang terus-menerus terkena iritasi di tempat kerja seperti berkutat dengan bahan kimia, debu, gas, jamur dan serbuk sari mengalami risiko terkena penyakit paru-paru lebih tinggi seperti asma, bronkitis dan penyakit paru-paru. Menurut para ahli, paparan jangka panjang terhadap debu silika atau logam keras dapat menyebabkan kerusakan paru-paru serius. Hal ini juga dapat terjadi pada orang yang telah mengalami paparan jangka panjang seperti asap kimia, amonia, gas klorin, kulit gandum, dan debu dari burung dan kotoran hewan.

Polusi Udara
Para ahli menyatakan bahwa paparan asap mobil dan polusi udara lainnya juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru, asma dan penyakit paru-paru lainnya. Menurut CancerHelp di Inggris, di Cina dan India, risiko kanker paru-paru meningkat karena paparan batubara untuk memasak dan pemanasan rumah. Hal ini menyebabkan asap tingkat tinggi. Di beberapa negara maju risikonya meningkat karena paparan tingkat polusi yang tinggi dari kendaraan.

Semoga penjelasan hal-hal yang bisa membuat anda terkena risiko penyakit paru-paru. Jadi, penting untuk tetap menjaga daerah lingkungan kita tetap bersih.

Post a Comment