Mencegah Kanker Paru-Paru Dengan Bawang Putih

Mencegah Kanker Paru-Paru Dengan Bawang Putih
Mengkomsumsi bawang putih mentah dua kali dalam seminggu berpotensi dapat mengurangi separuh resiko terkena pengaruh kanker paru-paru, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research. Peneliti dari Provinsi Jiangsu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di China melakukan studi kasus terhadap kontrol berbasis populasi antara tahun 2003 dan 2010, untuk menganalisis hubungan antara konsumsi bawang putih mentah dan kanker paru-paru. 

Para peneliti mengumpulkan data dari 1.424 pasien pengidap kanker paru-paru, dan 4.353 pasien yang sehat. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan para peserta, yang diminta untuk menjawab kuesioner dengan mengungkapkan informasi tentang kehidupan diet merekaserta kebiasaan gaya hidup, termasuk seberapa sering mereka mengkomsumsi bawang putih dan apakah mereka merokok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi bawang putih mentah secara teratur sebagai bagian dari hidup diet mereka (dua kali atau lebih seminggu), memiliki 44% penurunan risiko terkena penyakit kanker paru-paru.

Para penulis penelitian mengatakan:
"Asosiasi pelindung antara asupan bawang putih mentah dan kanker paru-paru telah diamati dengan pola dosis-respon, menunjukkan bahwa bawang putih dapat berpotensi menjadi agen kemopreventif untuk kanker paru-paru."

Kanker paru-paru adalah jenis kanker yang paling umu kedua yang di idap pria maupun wanita. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 205.974 orang Amerika didiagnosis menderita penyakit kanker paru-paru pada tahun 2009.

Merokok jangka panjang adalah penyebab paling umum yang menyebabkan penyakit kanker paru-paru, dengan memperhitungkan 9 dari setiap 10 kasus penyakit. Menariknya, ketika melihat secara khusus pada peserta yang merokok, para peneliti menemukan bahwa dengan makan bawang putih mentah terus menerus menurunkan risiko kanker paru-paru sekitar 30%.

Para peneliti mengatakan bahwa hubungan antara bawang putih dan pencegahan kanker paru-paru masih perlu penyelidikan mendalam. Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih mungkin memiliki sifat pencegahan terhadap bentuk-bentuk tertentu dari terbentuknya kanker.

Sebuah studi dari New York Presbyterian Hospital dan Weill Cornell Medical Center menyarankan bahwa senyawa yang ditemukan dalam bawang putih, selenium, mungkin memiliki senyawa yang anti-kanker

Penelitian lain dari Medical University of South Carolina, menemukan bahwa senyawa organosulfur ditemukan dalam bawang putih dapat berperan dalam membunuh sel-sel kanker otak.

Sebagai bahan herbal juga dapat sebagai pencegahan dan mengobati penyakit lainnya, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes.

Demikian artikel dari mencegah kanker paru-paru dengan bawang putih. semoga berita kesehatan ini bisa memberikan manfaat kesehatan terhadap kita semua.

Post a Comment