7 Langkah Hidup Sehat Pada Usia Tua

7 Langkah Hidup Sehat Pada Usia Tua

7 Langkah Hidup Sehat Pada Usia Tua - Menjadi tua bukan berarti menurunkan kondisi medis atau memiliki kualitas kesehatan yang buruk. Semakin tua melibatkan perubahan, baik itu perubahan positif maupun negatif tetapi anda bisa menikmati penuaan jika anda memahami kesehatan anda dan mengambil langkah-langkah untuk menjaga kesehatan anda. Banyak hal yang akan mengalami perubahan pada saat tubuh anda menua. Kulit, tulang bahkan otak akan mengalami perubahan yang berpengaruh terhadap perilaku. 

Berikut merupakan perubahan umum yang terjadi

Tulang – Tulang akan menjadi lebih tipis dan lebih rapuh pada usia tua, terutama pada wanita. Kadang-kadang penyebab kondisi tulang yang rapuh disebut osteoporosis. Penipisan tulang dan penurunan massa tulang yang dapat menyebabkan jika anda mengalami kecelakaan, tulang akan mudah sekali patah. Konsultasikan kepada dokter anda untuk mencegah osteoporosis secara dini. 

Jantung – Diet sehat dan latihan olahraga secara teratur dapat menjaga jantung anda tetap sehat

Otak dan Sistem saraf – Semakin tua menyebabkan perubahan refleks dan indra anda. Pikun merupakan hal umum yang dialami jika usia sudah bertambah semakin tua. Sel-sel dalam otak akan rusak oleh pembentukan plak yang menyusut. Kelainan lainnya bisa menyebakan dimensia. 

Indra Anda – Anda akan menyadari pendengaran tidak cukup tajam seperti dahulu. Sedikit demi sedikit kehilangan indra perasa, indra penciuman dan indra sentuh yang tidak begitu kuat. Mungkin tubuh anda perlu waktu merangsang yang lama agar bisa merangsang hal yang ingin diketahui. 

Gigi – Enamel keras yang melindungi gigi anda dsri pembusukan akan mulai hilang selama bertahun-tahun dan akan menyebabkan gigi berlubang. Penyakit gusi juga menjadi perhatian penting. Kebersihan gigi yang baik dapat melindungi gigi dan gusi. Mulut kering merupakan efek samping umum yang sering ditemukan karena penggunaan obat kesehatan gigi yang berlebihan. 

Kulit Anda - Dengan usia tua, anda akan kehilangan elastilitas kulit anda yang akan mengalami keriput dan semakin melorot. Namun, dengan melindungi kulit anda dari kerusakan dengan menghindari sinar matahari yang berlebih dan merokok pada usia muda yang akan membuat kulit tetap baik pada usia tua. Mulai lindungi kulit anda dari sekarang untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Banyak perubahan pada tubuh merupakan bagian alami dari penuaan. Banyak yang dapat anda lakukan untuk melindungi tubuh anda dan hidup sesehat mungkin. 

Kunci Untuk Tetap Sehat Pada Usia Tua

Mempertahankan kesehatan fisik merupakan bagian penting dari penuaan. Mempraktekan kebiasaan sehat sepanjang hidup anda sangat ideal dilakukan. 

Berikut ini ada beberapa tips bagaimana menjalani penuaan yang sehat dan tentunya baik terhadap kehidupan kita : 
  1. Tetap melakukan aktivitas fisik secara teratur seperti berolahraga secara teratur
  2. Tetap aktif berinteraksi social dengan teman, keluarga maupun komunitas anda 
  3. Makan sehat dan diet seimbang dan tidak mengkomsumsi junk food, makanlah makanan kaya serat, rendah lemak, dan makanan rendah kolesterol 
  4. Regular check up ke dokter. Seperti dokter gigi dan dokter mata yang jauh lebih penting. 
  5. Komsumsi obat yang diarahkan oleh dokter anda 
  6. Jangan komsumsi alcohol dan jangan merokok 
  7. Tidur yang berkualitas, yaitu tidur selama 8-9 jam 
Itulah 7 langkah hidup sehat pada usia tua yang bisa anda terapkan. Penting juga untuk memperhatikan kesehatan emosional anda. Menuai manfaat umur panjang anda, dan nikmati hidup sepanjang hari dengan kebahagian dan kesehatan yang baik.

3 komentar

Post a Comment