Hubungan Antara Diet dan Diabetes

Hubungan Antara Diet dan Diabetes

Membuat pilihan makanan sehat dapat menurunkan risiko terkena diabetes dan komplikasinya. Pelajari tentang hubungan diet dan diabetes. Bagi kebanyakan orang yang merasa tidak baik atau sakit, kunjungan ke dokter dapat mendiagnosa dan memperbaiki masalah tersebut. Sederhana bukan?

Tetapi ada beberapa penyakit yang bisa menjadi predator secara diam-diam, menampilkan sedikit atau sama sekali tidak ada tanda-tanda peringatan untuk mengingatkan Anda sejak awa. Salah satu penyakit tersebut adalah diabetes. Tidak hanya diabetes yang mempengaruhi hampir 24 juta orang di Amerika Serikat, namun 25 persen bahkan tidak tahu mereka memiliki penyakit diabetes.

Apa itu Diabetes?

Sebagai makanan yang dicerna, makanan dipecah menjadi glukosa (juga dikenal sebagai gula), yang menyediakan energi dan kekuatan sel-sel kita. Insulin, hormon yang dibuat di pankreas, memindahkan glukosa dari darah ke sel. Namun, jika tidak ada cukup insulin atau insulin tidak bekerja dengan baik, maka glukosa tetap dalam darah dan menyebabkan kadar gula darah naik.

Ada 3 jenis utama diabetes: diabetes gestasional, diabetes tipe 1, tipe 2. Tipe 1 adalah hasil dari pankreas tidak lagi mampu membuat insulin dan biasanya ditemukan pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda. Gestational diabetes dapat terjadi menjelang akhir kehamilan wanita dan biasanya menghilang setelah kelahiran bayi tersebut. Bentuk yang paling umum dari diabetes adalah tipe 2. Faktor risiko yang meliputi kelebihan berat badan, dan tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup.

Diabetes: Mengapa Sangat Berbahaya?

"Ketika diabetes terkontrol buruk dapat menyebabkan kadar glukosa darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, Anda mungkin akan merasa tidak baik," penjelasan dari Claudia L. Morrison, RD, program diabetes koordinator Washington Hospital Center di Washington, DC "Diabetes yang tidak terkontrol dari waktu ke waktu dapat mengakibatkan komplikasi yang mempengaruhi tubuh dari kepala sampai kaki. "Masalah dapat terjadi yang dapat mempengaruhi segala sesuatu dari mata, ginjal, dan saraf untuk organ reproduksi seseorang, pembuluh darah, dan gusi. Tapi masalah yang paling serius adalah penyakit jantung dan risiko stroke.

Diabetes: Apakah Peran dari Diet?

"Makanan bisa memicu diabetes atau membantu mencegah diabetes terjadi, tergantung pada bagaimana makanan tersebut dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproses glukosa," kata Elizabeth Ricanati, MD, direktur medis dari Cleveland Clinic’s Lifestyle 180 Program di Cleveland." Orang-orang harus menghindari makanan yang meningkatkan gula darah dan yang meningkatkan kolesterol, seperti makanan olahan, makanan tinggi lemak jenuh, dan makanan dengan tambahan gula dan sirup."

Makanan olahan yang mengandung lemak tinggi atau gula tidak hanya bisa mengganggu keseimbangan antara glukosa dan insulin, yang mengakibatkan peradangan, tetapi dapat juga berkontribusi terhadap faktor risiko seperti kelebihan berat badan.

Karbohidrat juga perlu diawasi. Sementara karbohidrat diperlukan untuk bahan bakar tubuh, beberapa karbohidrat meningkatkan kadar glukosa darah lebih dari yang lain. "Indeks glikemik (GI) mengukur berapa makanan yang mengandung karbohidrat yang meningkatkan glukosa darah. Makanan dibutkan tingkat berebda berdasarkan bagaimana makanan tersebut dibandingkan dengan makanan referensi seperti roti putih. Kacang kering dan kacang-kacangan, semua sayuran, dan banyak roti gandum dan sereal semua memiliki GI rendah. 

Diabetes: Apa Itu Diet Sehat?

Diet sehat untuk diabetes hampir sama dengan diet yang sehat untuk menurunkan berat badan. Makan dengan porsi cukup untuk menghindari kenaikan berat badan, dan mengkomsumsi makanan termasuk buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, ikan dan potongan daging (jangan terlalu besar), kacang-kacangan dan polong-polongan. Batasi juga lemak jenuh dan makanan ringan berkalori tinggi serta makanan penutup seperti keripik, kue, dan es krim.

Melakukan olahraga tiga puluh menit sehari berpotensi menghilangkan 5 sampai 10 persen dari berat badan, jika seseorang memiliki kelebihan berat badan, juga penting dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Dengan perhatian yang cermat dan pilihan gaya hidup sehat, diabetes dapat dikendalikan.

Post a Comment