10 Aktivitas Yang Menyehatkan Untuk Keluarga

keluarga sehat
 
Sekarang saatnya anda untuk menentukan sebuah kegiatan yang menyenangkan untuk keluarga anda dan hindari hanya berdiam diri di rumah. rencanakan waktu kebersamaan untuk keluarga anda. Seperti berolahraga ringan selama 60 menit sehari, walaupun olahraga ringan namun akan memberikan efek yang besar. Bagaimana anda bisa mengajak keluarga anda untuk melakukan aktivitas yang menyeenangkan sekaligus menyehatkan dan keluarga tidak merasa terbebani untuk melakukannya? Disini akan dibahas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  1. Menemani anak berjalan ke sekolah. Ikut mengantar dan menemani anak ke sekolah dengan berjalan kaki, selain menyehatkan juga bisa menjaga keharmonisan antar keluarga.
  2. Membatasi dan menjauhkan video game yang dimainkan oleh anak-anak. Anak- anak begitu senang dengan beberapa permainan baru seperti Nitendo dari wii games. Mencoba untuk membatasi atau menjauhkan anak-anak dari tv, agar game tersebut tidak memeberikan efek yang buruk terhadap kesehatan mental anak-anak anda.
  3. Membangun tulang yang kuat. Pastikan untuk menyertakan olahraga yang menyenangkan yang dapat menguatkan tulang seperti lompat tali, volley maupun senam kesehatan.
  4. Berjalan-jalan ditaman. Buatlah janji yang menyenangkan untuk kelurga anda seperti rekreasi ke taman sebagai hadiah dari suatu pekerjaan yang telah dilakukan dengan baik atau anak anda mendaptkan nilai yang baik atau apapun hal yang layak dijadikan hadiah asalkan hadiahnya jangan berupa hal yang berkaitan dengan pesta dan makan-makan. Ketika ditaman buatlah rekreasi atau game-game menyehatkan yang mampu meningkaykan kesehatan mental atau kesehatan fisik.
  5. Memberikan hadiah ulang tahun berupa aktivitas. Mungkin merencanakan melakukan kegiatan berkemah ataupun mengunjungi kebun binatang yang semua merupakan suatu kegiatan yang menyehatkan.
  6. Mengajak ke taman bermain. Jangan hanya menyuruhnya berolahraga. Bawalah juga ke taman bermain, selain bisa berinteraksi social dengan anak-anak lainnya, anak-anak akan lebih suka beraktivitas di tempat ini, seperti bermain ayunan, permainan memanjat pohon ataupun hal lainnya.
  7. Mencoba hal baru. Mempelajari aktivitas baru seperti seni beladiri ataupun yoga ataupun aktivitas baru lainnya. Biasanya remaja suka untuk mencoba hal-hal yang baru dan menantang.
  8. Gunakan anjing sebagai media untuk berjalan-jalan. Ada banyak manfaat yang bisa ditemukan jika memiliki hewan peliharaan untuk keluarga. Buatlah jadwal untuk seluruh keluarga siapa saja pada hari tersebut yang bertugas untuk mengajak anjing tersebut berjalan-jalan di sekitar lingkungan tersebut.
  9. Buatlah kebun dirumah anda. Memiliki kebun bunga ataupun buah dan sayur-sayuran dan melibatkan anak-anak untuk ikut berpatisipasi menanam atau merawat kebun tersebut. Mereka akan mendaptkan aktivitas yang menyenangkan seperti cara menggali untuk membuat lubang, cara menanam yang baik serta cara perawatannya. Hasil akhirnya semua anggota keluarga akan dapat menikmati hasilnya suatu saat nanti, seperti memounyai buah dan sayuran organik.
  10. Ikutilah kegiatan positif anak anda. Bila dia suka beraktivitas yang masih dalam ruang lingkup positif dukunglah anak anda. Bila perlu memberikan sumbangsih terhadap perkembangannya seperti memberikan pelatih khusus yang dapat mengembangkan kemampuannya. Ini akan semakin membuat anak terpacu berprestasi karena memndapat banyak dukungan dari kelurga.
Itulah beberapa hal yang bisa diterapkan untuk tetap menjaga keluarga sehat dan tentunya membuat hubungan keluarga bisa menjadi harmonis.

Post a Comment