Manfaat Kesehatan Memelihara Hewan Peliharaan

manfaat hewan peliharaan terhadap kesehatan

Mempunyai hewan peliharaan untuk keluarga mungkin akan seperti memberi sebuah tugas tambahan untuk anda maupun ibu dan ayah anda. Meskipun hewan peliharaan memang membutuhkan banyak investasi dalam hal waktu, uang, dan perawatan. Penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat memberikan manfaat kesehatan. Hewan peliharaan dapat membuat Anda dan anak-anak Anda untuk menjadi lebih aktif secara fisik, meningkatkan kesehatan semua orang, dan membantu mencegah pengaruh dari stres, belum lagi dapat melatih kasih sayang.

Beberapa Manfaat Yang Bisa Didapatkan Dengan Memelihara Hewan Peliharaan :

Melakukan aktivitas fisik. Memelihara hewan peliharaan seperti anjing cenderung membuat Anda maupun keluarga Anda untuk melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan-jalan biasa atau sekedar bermain di taman. Menurut penelitian tentang tingkat aktivitas fisik dari 2.071 anak di Inggris, yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, memiliki hewan peliharaan sangat berhubungan seseorang menjadi lebih aktif – suatu alternatif yang bisa dilakukan daripada waktu hanya dihabiskan duduk di depan komputer. 

Meningkatkan kesehatan jantung. Hasil dari studi kesehatan 20 tahun menemukan bahwa memiliki kucing menawarkan perlindungan terhadap penyakit jantung yang parah, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Studi lain menunjukkan bahwa memiliki anjing membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah, menurut review penelitian yang dipublikasikan dalam Frontiers in Psychology.

Proteksi terhadap alergi. Suatu studi, yang diterbitkan dalam jurnal Clinical and Experimental Allergy, menemukan bahwa orang yang memiliki kucing di rumah mungkin dapat mengurangi kemungkinan gejala dari reaksi alergi, pada bayi dan balita. Namun, anjing dan kucing yang memiliki ketombe dapat menjadi penyebab asma dan memicu alergi bagi sebagian orang, jadi jangan mengabaikan risiko ini jika Anda atau anggota keluarga lainnya sudah memiliki alergi.

Hubungan sosial yang lebih baik. Hewan peliharaan menawarkan persahabatan, yang mungkin sangat bermanfaat bagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus, seperti autisme. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology, hewan peliharaan juga dapat membantu membuat Anda atau anak Anda merasa lebih baik setelah mengalami penolakan sosial. Penelitian lain telah menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan, seperti anjing, tampaknya meningkatkan interaksi sosial antara manusia.

Manajemen kesehatan yang lebih baik. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Seizure melihat bahwa manfaat dari kepemilikan hewan peliharaan keluarga di rumah tangga dengan seseorang yang hidup dengan epilepsi. Para peneliti menemukan bahwa memiliki hewan peliharaan mengurangi kejang dan dapat mengurangi stres dan meningkatkan keterampilan mental pasien. Hal ini pada gilirannya mengurangi dampak epilepsi dan memungkinkan kondisi kronis lainnya.

Selalu awasi jika anak-anak anda sedang bermain dengan hewan peliharaannya. Ajarkan bagaimana memperilakukan binatang dengan lembut. Bagaimanapun binatang juga bisa sewaktu-waktu menjadi liar jika tidak memperlakukannya dengan baik. Dengan memperhatikan hal tersebut anda beserta keluarga anda akan mendapatkan begitu banyak manfaat dari memelihara hewan peliharaan di rumah anda.

Post a Comment