8 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Jantung Anda

8 hal yang perlu diketahui tentang jantung anda

Penyakit Jantung merupakan penyebab tertinggi kematian di beberapa negara. Hal tersebut sungguh penting untuk mengetahui tanda bahaya sedini mungkin untuk melindungi dari masalah lebih lanjut. Baca 8 fakta kunci di bawah ini, bagaimana untuk mengatur dan memperbaiki kesehatan jantung anda.

Tidur minimal 7 sampai 8 jam untuk melindungi jantung anda

Orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam dalam semalam beresiko untuk terserang penyakit jantung daripada orang-orang yang tidur 7 sampai 8 jam semalam. Tidur membantu untuk mengatur aktivitas insulin. Kekurangan tidur menyebabkan daya tahan insulin yang menyebabkan kadar gula darah tinggi dan akan berkontribusi penyakit jantung yang terkait lansung dengan berat badan. Kelitihan adalah gejala lain dari penyakit jantung yang sering diabaikan oleh para wanita. Jika anda mengalami keletihan secara terus-menerus walaupun anda cukup tidur, konsultasikan dengan dokter anda. 

Tertawa merelaksasi pembuluh darah anda.

Tertawa sesungguhnya merupakan cara pengobatan terbaik. Tubuh merespon tawa dengan menurunankan hormon cartisol stres. Memiliki kadar cartisol yang rendah mengurangi tekanan darah dan mwmbantu meningkatkan imunitas anda sebaik suasana hati anda. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang depresi dua kali lebih mungkin mengalami serangan jantung, jadi pastikan untuk menambah dosis tertawa di kehidupan anda setiap harinya.

Turunkan berat badan anda untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Tentu, masalah berat badan, tetapi ukuran lingkar pinggang bisa menjadi indicator terbaik kesehatan jantung anda. Wanita dengan ukuran lingkar pinggang lebih dari 40 inchi dan laki-laki dengan ukuran lingkar pinggang lebih 45 inchi meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengurangi dengan menyeimbangkan hanya 10 atau 15% dari berat badan bisa meningkatkan secara signifikan kesehatan jantung anda. Dan 25 sampai 55 menit latihan aerobic 4 kali seminggu dapat membantu menguatkan jantung anda dan mengurangi kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi, terlebih jika dikombinasikan dengan diet sehat. Baca Juga : Menurunkan Berat Badan Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Minum 1 gelas sehari bisa menguatkan jantung

Anda tentu sudah pernah mendengar bahwa meminum segelas red wine setiap hari bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung anda dikarenakan red wine kaya akan kadar antioksidan yang membantu melindungi pembuluh darah jantung dan bisa mengurangi kolesterol. Tetapi apakah anda tahu bukan hanya red wine tetapi bir juga bisa membantu? Bir mengandung kadar vitamin B6 yang tinggi serta melawan terhadap penumpukan homocysteine, salah satu zat kimia yang merusak terkait langsung dengan penyakit jantung. Tetapi selalu berhati-hati untuk tidak berlebihan atau terlalu banyak sesuatu hal yang dapat memperburuk anda dan hindari terlalu banyak alcohol. Hal tersebut akan menyebabkan tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, gagal jantung, aritmia dan kerusakan otot jantung. Minum sewajarnya saja, hanya satu gelas sehari.

Ketahui riwayat kesehatan keluarga merupakan kunci utama kesehatan jantung anda.

Mengetahui sejarah riwayat kesehatan kelurga dapat membantu untuk tetap pada jalur menjaga kesehatan jantung anda. Jika salah seorang di keluarga anda sudah pernah mengalami masalah jantung, anda berisiko untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular meningkat. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter anda tentang riwayat kesehatan keluarga anda. 

Seks 2 kali semiggu bisa membantu jantung anda tetap kuat

ini merupakan cara alami untuk meningkatkan kesehatan jantung anda. Penelitian menunjukkan bahwa dengan aktivitas seks secara teratur dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Seks 2 kali seminggu sudah terkait langsung dengan penurunan resiko penyakit jantung pada pria.

Mendengkur bisa menjadi tanda peringatan untuk masalah pada jantung

Jangan abaikan dengkuran anda, itu merupakan sebuah kondisi medis, dimana meningkatkan resiko mengembangkan penyakit jantung. Gangguan tidur apnea merupakan penyakit kronis yang membuat kesulitan untuk bernafas sebagaimana mestinya ketika tidur, sering diakibatkan oleh mendengkur. Orang dengan kelebihan berat badan cenderung dapat terserag gangguan tidur apnea. Tidak mengobati gangguan tidur apnea meningkatkan kerentanan untuk terserang tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Mengurangi kadar garam sehari

Garam merupakan salah satu bahan yang sering diabaikan ketika kita melihat fakta nutrisi dari garam. Sodium tinggi berhubungan langsung mengembangkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kerja jantung yang menyebabkan penyakit jantung. Cek asupan sodium anda, terutama ketika anda sudah berumur diatas 55 tahun. Apakah anda memiliki tekanan darah tinggi? Mengurangi 1 sendoh the garam sehari bisa mengirim anda ke jalan kesehatan yang lebih baik.






1 komentar:

Kesehatan jantung emang selalu harus diperhatikan...

Trims untuk artikel yang sangat berguna ini

Reply

Post a Comment