Hidup Lebih Baik Tanpa Stres

hal-hal yang mungkin dapat menyebabkan anda stress

Hidup Lebih Baik Tanpa Stres - Semua orang merasakan stres dengan cara yang berbeda. Stres dapat disebabkan oleh hal-hal yang "buruk" seperti ada anggota keluarga yang sakit parah atau mungkin saja tidak bisa melunasi kredit mobil? Tetapi juga dapat disebabkan oleh hal-hal yang "baik", seperti memiliki bayi baru. Ini seharusnya menjadi hal yang sangat bahagia untuk keluarga. Namun terkadang merawat bayi juga dapat menjadi sumber kekhawatiran dan menyebabkan stres. 

Berikut merupakan hal-hal yang mungkin dapat menyebabkan anda stress, tetapi bagi sebagian orang hal-hal yang dilakukannya sangat menyenangkan dan mereka merasa bahagia. Berikut merupakan beberapa contohnya :
  • Beberapa orang terbiasa berbicara di depan umum, namun bagi orang lain dapat menyebabkan takut.
  • Beberapa orang bekerja lebih baik ketika di bawah tekanan, sementara orang lain bekerja secara berantakan.
Stres tidak hanya disebabkan oleh satu hal. Stres disebabkan oleh banyak hal yang tentu berbeda yang dialami oleh setiap orang. Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa ketika stres tidak dikontrol dengan baik, akan dapat menyebabkan masalah baru yang timbul. The American Institute of Stress merilis daftar 50 hal-hal yang dapat menyebabkan stres. Berikut ini adalah beberapa yang dapat menyebabkan stress:
  • Sakit kepala 
  • Berat badan 
  • Kesulitan tidur atau mimpi buruk 
  • Khawatir yang berlebihan 
  • Panik 
  • Karena penggunaan obat-obatan, alkohol atau Rokok 
  • Nyeri dada 
  • Perasaan anda tidak dihargai seseorang
Seperti yang Anda lihat, ketika stres tidak dikontrol dengan baik, dapat menyebabkan banyak masalah. Dalam banyak kasus, stres merupakan satu hal yang dapat diakibatkan karena mengkhawatirkan sesuatu hal yang berlebihan. Jika kehidupan di rumah saja sudah menyebabkan seseorang stres, tentu mereka juga akan memiliki masalah di tempat kerja. Hal yang paling sering terjadi adalah mereka bisa menjadi terlambat berangkat kerja dan tidak melakukan pekerjaan yang baik. Yang kemudian dapat menyebabkan beban berlebih yang memicu stres dan bahkan penyakit.

Mengendalikan Stress Merupakan Kunci Utama

Dalam dunia sekarang ini, rata-rata orang pernah mengalami semacam stres. Kebanyakan orang harus bekerja untuk menghasilkan uang. Dan bahkan uang itulah yang sering digunakan untuk menghadapi stres. Ada kemungkinan yang sangat sedikit orang yang tidak pernah mengalami stres. Jadi apa yang dapat Anda lakukan? Jawaban terbaik sederhana: control diri anda. Belajar untuk menurunkan tingkat stres dalam hidup Anda. Mengenali stres dan kembali meringankan pikiran anda. Ada banyak cara yang diuji untuk menurunkan tingkat stres. Tidak semua dapat diterapkan untuk semua orang. Temukan satu cara yang dapat menghilangkan stres anda.

Di sini, kami memberi Anda beberapa solusi yang dapat menghilangkan stres. Kami berharap Anda bisa menemukan solusi yang dapat mengurangi tingkat stress anda. 

Cara Mengurangi Stres

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres adalah anda mencari tahu hal-hal yang menyebabkan anda stres. Mengidentifikasi hal yang dapat menyebabkan anda stress seperti terlalu mengkhawatirkan hutang yang berlebihan ataupun hal-hal yang berhubungan dengan keharmonisan merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres. 

Berikut ada beberapa tips untuk mengontrol stres dalam kehidupan sehari-hari :
  • Pergunakan waktu dengan sebaik mungkin. Anda mungkin dapat mengurangi tingkat stres yang berlebihan dengan membuat jadwal, melakukan perencanaan awal yang baik akan sedikit mengurangi kekhawatiran yang sering timbul. 
  • Merawat diri sendiri, dengan banyak istirahat. Makan-makanan yang baik. Jangan merokok dan jangan berlebihan jika mengkonsumsi alkohol. 
  • Sering - seringlah curhat bersama orang yang anda percayai, mungkin dengan teman dekat maupun anggota keluarga atau mencari seorang konselor yang dapat mengatasi masalah kekhawatiran anda. 
Cara untuk menghilangkan stres :
  • Berolahraga secara teratur merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres. Olahraga jalan kaki merupakan awalan yang bagus, selain menyehatkan juga sambil bisa menikmati pemandangan daerah sekitar. 
  • Dengan menulis dapat membantu mengeluarkan hal-hal yang sering mengganggu pikiran anda. 
  • Biarkanlah perasaan anda keluar, tertawalah jika memang lucu, menangislah jika memang terharu, dan jika memang sedang marah luapkanlah jika memang tidak bisa menahan emosi. 
  • Melakukan sesuatu yang disukai. Hobi yang anda sering lakukan akan membuat anda rileks. Hobi yang bermanfaat apalagi bisa sampai menolong orang lain akan sangat efektif dalam menurunkan tingkat stres anda. 
  • Lakukan hal yang membuat anda rileks, seperti pemijatan relaksasi, aromaterapi maupun beryoga yang dapat menenangkan pikiran kembali. Dengarkanlah musik favorit anda. 
Bagaimana Cara Mengurangi Stres Yang Timbul Karena Pekerjaan
  • Bekerja merupakan salah satu penyebab stress. Bos yang cerewet, tugas yang menumpuk merupakan hal yang dapat membuat anda stres. Hampir orang yang bekerja pernah mengalami hal tersebut. Ada banyak cara yang sebenarnya bisa diterapkan untuk mengurangi tingkat stress anda. Berikut ada 7 tips sederhana yang bisa mengurangi stres di lingkungan pekerjaan : 
  • Sama seperti tips sebelumnya, bedanya tips diatas anda bisa berjalan kaki di lingkungan rumah ataupun tempat yang anda sukai. Di area lingkungan tempat kerja juga bisa dilakukan, seperti berjalan-jalan di sekitar blok tempat anda bekerja, sambil berpikir tentang apapun yang mengganggu pikiran anda untuk sementara. 
  • Hadapi masalah tersebut. Semakin sering anda menghadapi masalah tersebut, anda akan semakin terbiasa. Sebaliknya jika menghindari masalah tersebut terus menerus anda akan semakin khawatir dan cenderung takut untuk berhadapan dengan masalah tersebut. Jika mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya kepada teman yang lebih ahli ataupun atasan anda untuk menghindari kesalahan yang bisa menyebabkan kekhawatiran yang berujung stres. 
  • Coba untuk lepas dari pengaruh pekerjaan. Jangan terlalu memikirkan hal-hal yang akan terjadi besok. Coba untuk menikmati hari tersebut, dan menghabiskannya dengan kegiatan yang menyenangkan seperti melakukan hobi anda maupun berelaksasi. 
  • Jangan melewatkan makan siang. Kadang-kadang ada orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya terkadang lupa untuk makan siang. Ini tentu saja tidak sehat, justru dapat mengurangi kemampuan anda dalam melakukan pekerjaan terbaik anda. Bila anda sudah sedikit bosan dengan makanan kantor, cobalah membawa bekal sendiri ataupun makan di luar sambil mencari suasana yang berbeda yang tentu akan mengurangi tingkat stres anda. 
Cobalah beberapa tips yang tercantum di atas. Atau anda menemukan cara-cara sendiri untuk mengurangi stres dalam hidup Anda, bisa comment disini. Kita disini berbagi hal yang bermanfaat. Apa pun yang Anda lakukan, ingat satu hal. Ketika Anda belajar untuk mengontrol stres, stres tidak akan mengendalikan Anda.

1 komentar:

Setuju!! Hidup memang lebih baik tanpa stress!! Bagi yg mudah atau sering stres. Baiknya, segera hindari saat ini juga. Kenapa? Karena dari artikel di http://bit.ly/1bkhuzS diketahui bahwa stres bisa mmepunyai efek domino pd kehidupan anda sehari-hari. Efek dominonya bahkan bisa berujung pada penyakit kronis hingga kematian.

Reply

Post a Comment